Tuesday, December 6, 2011

Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot

 Meskipun sejak 13 Oktober 2011 Ubuntu 11.10 Release, baru beberapa hari ini saya memakainya di Laptop saya. Ada yang belum tau Ubuntu?
Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian. Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd yang merupakan perusahaan milik seorang kosmonot asal Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan, "Ubuntu" berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti "rasa perikemanusian terhadap sesama manusia". Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. Sehingga siapapun bebas memakainya atau Ubuntu ini bersifat opensource.

Nah, Ubuntu ini  rilis tiap 6 bulan sekali yaitu setiap bulan April dan Oktober. . Rilis ubuntu biasanya terdiri dari berbagai edisi, yaitu edisi Desktop, Server, dan Netbook. Dan setiap rilis diberi code name yang berbeda-beda. Entuk versi 11.10 memiliki code name Oneiric Ocelot.
Nama ini, menurut Mark, menggambarkan siklus versi 11.10 menekankan pada dua hal, yaitu mimpi dan disiplin.Selain itu, bila diartikan kata per kata, "Oneiric", dalam bahasa Yunani, artinya mimpi dan "Ocelot” adalah sejenis kucing liar yang hidup di Amerika Tengah dan Selatan.

Apa yang Baru dari Ubuntu 11.10?

Ubuntu Software Centre
Dengan Ubuntu Software Centre Anda dapat mencari dan menginstall Aplikasi secara online dengan akses cepat ke ribuan aplikasi. disamping itu juga  Anda dapat melihat top-rated aplikasi,membandingkan antara  Rating dan review dari user, melacak dari apa yang Anda telah terinstal, dan sinkronisasi aplikas.

Launcher
Launcer ini terletak verikal pada sisi kiri desktop Anda. Dengan Launcer ini dapat dengan mudah membuka aplikasi, menutup aplikasi melakukan boormark dengan cepat dan mudah.


Dash
Ketika Anda mengklik pada logo Ubuntu di sudut kiri atas Launcer, dasbor baru akan muncul. Ini cara sederhana untuk mendapatkan shortcut dan mencari aplikasidan program lain . Sehingga Anda bisa mendapatkan akses cepat ke, musik email Anda, gambar dan banyak lagi. Dan Anda dapat mencari aplikasi menurut jenis  atau file dengan menu filter baru.


Application Switching
Ubuntu 11,10 memberi Anda cara yang sangat mudah untuk mengelola beberapa jendela dan aplikasi. Anda dapat menggunakan Alt + Tab dan Alt + Grave untuk beralih antara aplikasi atau jendela aplikasi.

Anda tertarik memakai Ubuntu download aja DISINI

No comments:

Post a Comment

Terima kasih Atas kunjungan Anda...
Jangan Lupa Berkomentar ya..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...