Tuesday, September 16, 2008

PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN

A. Pengertian Metodologi dan Penelitian
Pengertian metodologi
Metodologi adalah suatu prinsip, prinsip-prinsip dan prosedur yang kita pakai dalam mendekati persoalan-persoalan dan usaha mencari jawaban.

Pengertian penelitian
Penelitian dalam bahsa inggris adalah research yang berarti mengungkapkan atau membuka. Jadi penelitian diartikan sebagai kegiatan mengungkapkan atau membuka pengetahuan karena pengetahuan, baik yang telah ada maupun yang belum ditemukan, di anggap sudah ada atau tersembunyi dialam yang hanya memerlukan pengungkapannya. Penelitian merupakan kegiatan yang sistematik yang dimaksudkan untuk menambah pengetahuan baru atas pengetahuan yang sudah ada dengan jalan yang dikomunikasikan dan dapat dinilai kembali. Jadi, penelitian adalah merupakan upaya untuk menambah dan memperluas pengetahuan yang baru sama sekali yaitu yang sebelumnya belum ada atau belum dikenal, juga termasuk pengumpulan keterangan baru yang bersifat memperkuat teori-teoro yang sudah ada, atau juga bahkan yang menyangkal teori-teori yang sudah ada.


B. Macam-macam pendekatan dalam mencari kebenaran
Secara singkat pendekatan penelitian dapat dibedakan atas beberapa jenis, tergantung dari sudut pandangnya, walaupun sebenarnya antara jenis yang satu dengan jenis yang lain kadang-kadang sering over lamping


1. Jenis pendekatan menurut tehnik samplingnya adalah:
· Pendekatan populasi
· Pendekatan sampel
· Pendekatan kasus


2. Jenis pendekatan menurut timbulnya variabel adalah:
· Pendekatan non-eksperimen
· Pendekatan eksperimen


3. Jenis pendekatan menurut pola-pola atau sifat penelitian non-eksperimen
· Penelitian kasus (case-studies)
· Penelitian kausal komparatif
· Penelitian korelasi
· Penelitian histori
· Penelitian filosofis


4. Jenis pendekatan menurut menurut model pengembangan atau model pertmbuhan adalah :
· “one-shot“ model yaitu model pendekatan yang menggunakan satu kali pengumpulan data pada “satu saat”
· Longitudinal model yaitu mempelajari berbagai tngkat pertumbuhan dengan cara “mengikuti” perkembangan bagi individu-individu yang sama.
· Cross-sectional yaitu gabungan antara model A dan B, untuk memperoleh data yang lebih lengkap ynag dilakukan dengan cepat, sekaligus dapat menggambarkan pekembangan individu selama dalam masa pertumbuhan karena mengalami subyek dari berbagai tingkat umur.


5.Jenis pendekatan menurut desaign atau rancangan penelitiannya :
· Rancangan rambang tugas
· Rancangan ulangan
· Rancangan factorial


C. fungsi penelitian dalam pengembangan ilmu pengetehuan
Dalam pengembangan ilmu pengetahuan sebuah penelitian sangat berfungsi karena sebuah ilmu pengetahuan tidak dapat dianggap ilmiah tanpa adanya sebuah pembuktian, sedangkan pembuktian itu dapat ditunjukkan dengan adanya suatu penelitian. Diantara fungsi penelitian antara lain:
· Deskription artinya penelitian mampu menggambarkan suatu fenomena atau gejala.penggambaran tersebut bisa berupa penamaan, penggolongan, dan uraian tentang sifat-sifat fenomena tersebut
· Eksplanation, penelitian befungsi untuk menjelaskan hubungan antara fenomena yang ada (kausalitas & nir-kausalitas).
· Prediction, artinya penelitian diharapkan mampu meramalkan fenomena yang akan terjadi secara akurat dan ilmiah.
· Controlling, artinya penelitian diharapkan mampu mengendalikan fenomena yang mungkin membahayakan kehidupan umat manusia.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih Atas kunjungan Anda...
Jangan Lupa Berkomentar ya..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...